upk pnpm surade
English French German Italian Portuguese Russian Spanish
Kami memiliki 25 Tamu online
sideBar



Facebook Likes

Pesan-Kesan-Komentar

None

Jumat, 19.12.2014

Sepatah Kata

Web ini sebagai media informasi pnpm, mohon maaf apabila ada materi hasil karya anda dan kami tidak bisa menuliskan sumbernya sebab data tersebut hasil dari copy faste dari para FK, FT, Faskab dan rekan-rekan UPK. Dan apabila anda merasa keberatan dengan karya anda ada di web ini, silahkan konfirmasi melalui email admin@upk-pnpmsurade.org. Semoga bermanfaat. Trims

Sekretariat UPK

Jl. H. Sukmawijaya Desa Jagamukti Kec. Surade
Kab. Sukabumi Prop. Jawa Barat 43179,
HP. 0815 7223 1000 Telp./Fax (0266) 6493091
e-mail : admin@upk-pnpmsurade.org
Facebook : komunitas pnpm
Twitter : Twitter.com@upksurade
Pemeliharaan Jalan

 

 

Tujuan pemeliharaan jalan adalah agar jalan yang sudah dibangun selalu dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat dioperasikan secara optimal dan terjaga kelestariannya serta dapat dipakai sepanjang waktu.

 

Prasarana jalan perlu diperiksa secara rutin serta dilakukan pendataan terhadap kekurangan-kekurangan yang ada dan kemudian diperbaiki.

 

 

LANGKAH-LANGKAH PEMELIHARAAN


  • Penentuan bagian yang harus dipelihara (karena timbul masalah drainase, tanah, atau konstruksi yang terganggu)

 

  • Tim pemelihara harus memilih waktu yang paling tepat untuk mengidentifikasikan (mengelompokkan) masalah, yaitu pada saat sehabis hujan besar (atau lebih baik lagi pada waktu hujan deras masih berlangsung).

 

  • Berdasarkan inventarisasi masalah ditentukan hal mana yang dapat diperbaiki dengan sumber daya alam dan manusia yang ada di desa.

 

  • Prioritas penanganan tidak dapat dilepaskan dari penentuan waktu yang paling tepat untuk pemeliharaan yaitu :

-       Keadaan yang berbahaya harus segera ditangani dan penggunaan jalan dibatasi atau dihentikan sama sekali sampai keadaan diperbaiki.

-       Masalah yang akan mengakibatkan kerusakan besar terhadap pemilikan pribadi masyarakat desa (rumah, lahan, kendaraan), harus segera ditangani, seperti meluapnya air yang mungkin akan merusak tanaman di ladang sebelah jalan atau longsor yang mengancam rumah penduduk.

-       Masalah yang akan menyebabkan kerusakan yang lebih luas dan lebih besar harus segera ditangani seperti masalah drainase yang tidak berfungsi

-       Adapun masalah yang sebaiknya menunggu cuaca yang baik demi kualitas perbaikan, asal tidak merugikan masyarakat kalau menunggu (hal-hal yang perlu menunggu tanah kering, misalnya pemasangan gorong-gorong baru, atau pembuatan sub teras).

 

  • Yang di luar kemampuan masyarakat harus dilaporkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (misalnya jika terjadi kerusakan jembatan atau longsornya tanah yang besar) untuk pertimbangannya dan nasihatnya.

 

  • Melaksanakan kegiatan pemeliharan yang bersifat rutin, mendesak, dan berkala, yaitu :

 

-       Rutin : kegiatan yang perlu dilaksanakan paling sedikit sekali setahun pada bagian jalan tertentu (saluran pembuang air, badan jalan, bahu jalan, lereng/tebing, dan bangunan pelengkap)

 

-       Mendesak : kejadian yang tidak disangka-sangka memerlukan kegiatan perbaikan yang perlu dilakukan segera seperti kerusakan oleh banjir, tanah longsor, dsb.

 

-       Periodik : kegiatan yang kadang-kadang dibutuhkan untuk memperbaiki bagian jalan tertentu setelah periode beberapa tahun.  Kegiatan tersebut memerlukan bantuan dan sarana untuk melaksanakannya dan biasanya mengharuskan penggunaan dana sarana cadangan pada bagian jalan.  Kegiatan ini perlu diidentifikasi (atau dikelompokkan) sesuai tingkatannya dan direncanakan pelaksanaannya secara spesifik.